Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Malam Nisfu Sya'ban biasanya jatuh pada tanggal 15 Sya'ban. Malam nisfu Sya'ban adalah malam 15 Sya'ban (14 Sya'ban siangnya, malamnya disebut malam 15). Di kalender Masehi, nampaknya 15 Sya'ban jatuh pada tanggal 24 Juni 2013. Dikutip dari situs iluvislam.com, di negara Arab dan Nusantara, pada malam Nisfu Sya'ban biasanya dibacakan Yasin sebanyak tiga kali setiap kali dengan niat tersendiri, yang diarahkan oleh imam. Perkara ini hampir berlaku ijmak padanya, sebagaimana dilakukan oleh para Fuqaha' zaman dahulu.

Adapun kelebihan Malam Nishfu Sya'baan itu telah disebutkan di dalam hadis shahih Mu'az bin Jabal radhiallahu 'anhu, bersabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang maksudnya :
"Allah memandang kepada semua makhluk-Nya di Malam Nishfu Sya'ban, maka diampunkan dosa sekalian makhluk-Nya kecuali orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan."
[Hadis riwayat Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban]

Malam Nishfu Sya'ban juga termasuk di antara malam-malam yang dikabulkan doa. Berkata Imam asy-Syafi'ie dalam kitabnya al-Umm:
"Telah sampai pada kami bahwa dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam yaitu: pada malam Jumat, malam Hari Raya Idul Adha, malam Hari Raya Idul Fitri, malam pertama di bulan Rajab, dan malam nishfu Sya'ban."

Malam Nishfu Sya'ban merupakan malam yang penuh rahmat dan pengampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Mu'az bin Jabal radhiallahu 'anhu di atas.

Adapun cara menghidupkan Malam Nishfu Sya'ban sebagaimana yang dilakukan sekarang ini tidak berlaku pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan zaman para sahabat. Akan tetapi berlaku pada zaman tabi'in dari penduduk Syam.

Al-Qasthalani dalam kitabnya Al-Mawahib al-Ladunniyah, menyebut bahwa para tabi'in penduduk Syam seperti Khalid bin Ma'dan dan Makhul, mereka beribadah dengan bersungguh-sungguh pada Malam Nishfu Sya'ban. Maka dengan perbuatan mereka itu, mengikutlah orang ramai membesarkan malam tersebut.

Para tabi'in tersebut menghidupkan Malam Nishfu Sya'ban dengan dua cara:
1. Sebagian mereka hadir beramai-ramai ke masjid dan berjaga di waktu malam (qiyamullail) untuk bersembahyang sunat dengan memakai harum-haruman, bercelak mata, dan berpakaian yang terbaik.
2. Sebagiannya lagi melakukannya dengan cara sendirian. Mereka menghidupkan malam tersebut dengan beribadat seperti sembahyang sunat dan berdoa dengan cara sendirian.

Ada pun cara kita sekarang ini menghidupkan Malam Nishfu Sya'baan dengan membaca Al-Quran seperti membaca surah Yaasiin, berzikir dan berdoa dengan berhimpun di masjid-masjid atau rumah-rumah (secara sendirian), berjamaah atau perseorangan adalah tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh para tabi'in itu.

Perkara amalan di malam Nisfu Sya'ban ini tidak di-nisbah-kan kepada Rasulullah sendiri. Akan tetapi boleh dilakukan selama ibadah tersebut tidak bertentangan dengan syara' (baik dilakukan sendirian maupun berjamaah, itu sekadar satu teknik dakwah). Contohnya, zikir, doa, membaca Al-Quran, membuat kelas ilmu, dan sebagainya.
Para ulama kita di tempat lain (di Mesir, beberapa tempat di Saudi, Yaman, Siria, Nusantara, dan lain-lain) kebanyakan tidak setuju dengan fatwa tersebut (Fatwa Dr Yusof Al Qardhawi yang menolak amalan Yasin 3 kali dan mengatakan hal itu adalah bid'ah yang diada-adakan). Oleh karena itulah amalan bersama-sama pada malam Nisfu Sya'ban ini dilakukan oleh para ulama sepanjang zaman dan merata sejak zaman salaf.

Lebih jelas silakan baca:
http://www.iluvislam.com/tazkirah/dakwah/4732-beribadah-a-membaca-yasin-3-kali-di-malam-nisfu-syaban.html

*DATANGNYA BULAN SYA'BAN 1438H*

Tepat pada ba'da magrib hari Kamis, 27April 2017, akan datangnya bulan Sya'ban 1438H, bulannya Rasullullah SAW.

Rasullullah SAW Bersabda : "Barang Siapa yang memberitahukan berita datangnya bulan Sya'ban kepada yang lain, maka Haram Api Neraka Baginya".
Dan marilah kita banyak2 berdzikir mengingat..... اَللّÙ‡ُ ...

Bismillahirrahmanirrahim.....
1. "Allahumma bariklana fii Sya'bana wa balighna Ramadhona".
Artinya :
"Ya Allah, berikanlah keberkahan dibulan Sya'ban dan sampaikanlah umurku menjumpai bulan Ramadhan".

2. Dianjurkan berdzikir antara lain: Astaghfirullah al adzhiim 100x, Tahmid & Takbir 100x, Shalawat Nabi 100x dan dzikir2 lainnya yang dapat dilakukan.

3. Subhannallaah wal hamdulillaah, wa laa illaaha illallaah, wa laahu akbar, wa laa haulaa wa laa quwwataa, illaa billaahil aliyyil adzhiim.

4. Pada tanggal 13, 14 dan 15 pertengahan bulan Sya'ban, yang jatuh pada hari Rabu, 10 Mei, Kamis, 11 Mei dan Jumat, 12 Mei, disarankan untuk puasa Ayyamul Bidh (puasa pertengahan bulan Sya'ban).

5. MALAM NIFSYU SYA'BAN akan jatuh mulai ba'da maghrib pada hari Kamis, 11 Mei 2017, pada malam ke 15 bulan Sya'ban.

Dianjurkan :
- Membaca SURAT YASSIN sebanyak tiga (3)x.

a. Surat Yassin yang pertama dibaca utk memohon panjang umur dan ketaatan/ketaqwaan serta dapat istiqomah kepada Allah SWT.

b. Surat Yassin yang kedua dibaca utk memohon diluaskan rezeki yg halal dan menolak bala.

c. Surat Yassin yang ketiga dibaca untuk memohon ditetapkan Iman Islam sampai akhir hayat.

- Berdoa secara KHUSYUK meminta apa2 yang tersirat dalam hati, karena Malam Nifsyu Sya'ban adalah MALAM yang sangat IJABAH utk dikabulkannya semua doa2 dan hajat2 yang diinginkan.

Bila disebarkan, maka Anda akan membuat beribu-ribu manusia berdzikir kepada Allah SWT.
Aamiin, Aamiin, Aamiin
Yaa Rabbal Aalamiin.
Update:
Di masjid tempat saya, di malam Nisfu Sya'ban tahun lalu, imam masjid mengarahkan sesudah salat maghrib berjamaah dan wirid dilanjutkan salat hajad 2 rakaat berjamaah. Kemudian salat tasbih 4 rakaat dua kali salam dan setelah itu salat hadiah (diniatkan buat orang yang meninggal), keduanya dengan niat salat sendiri (tanpa lafadz imaman/makmuman) tetapi bersama-sama mengikuti imam supaya tertib.
Sesudah salat Isya dilanjut baca Yaasin 3 kali dengan niat yang dipandu oleh imam. Intinya, kegiatan malam Nisfu untuk meningkatkan ibadah dan salat karena doa di-ijabah oleh Allah.


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top